Jenis Merk Sepeda Motor yang Marak di Indonesia

Category: Otomotif Comments: No comments

Motor adalah kendaraan roda dua yang digerakan oleh mesin yang menggunakan bahan bakar, dengan letak kedua roda sebaris lurus. Sepeda motor juga merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang pertama kali ditemukan kemudian dikembangkan kembali menjadi sepeda motor pada tahun 1868 dimana michaux ex Cie merupakan pengusaha sepeda pertama di dunia yang mulai mengembangkan sepeda dengan mesin uap yang menjadi penggerak sepeda namun sayang nya usaha ini kurang sukses sehingga diteruskan kembali oleh edward butler.

Sampai saat ini pengunaan sepeda motor di indonesia masih cukup populer dan semakin bertambah pada setiap tahunnya karena penggunaan nya yang mudah dan harganya pun relatif murah terjangkau untuk setiap kalangan serta bahan bakarnya yang mudah ditemui dan biaya operasionalnya pun cukup hemat. Hingga saat ini pabrikan motor telah tersebar di Indonesia dan telah menyediakan berbagai jenis motor untuk memenuhui kebutuhan transportasi manusia.

Motor juga hadir dengan berbagai macam jenis dan variasi ada yang bermesin kecil dan ada pula yang bermesin besar. Adapun jenis-jenis motor antara lain sebagai berikut:

Beberapa Jenis-Jenis Sepeda Motor

1. Motor bebek
Motor bebek merupakan motor tipe motor manual tanpa kopling yang memiliki kapasitas silinder/cc kecil. Dan cara pengendaraan motor inipun cukup mudah serta posisi pengendara dalam jenis motor ini adalah tegak. Adapun contoh jenis motor bebek seperti supra x 125, honda blade, dan revo

2. Skuter matik
Skuter matik ini adalah jenis motor yang tidak menggunakan operan gigi pada saat penggunaannya hanya cukup dengan satu ekselerasi sepeda motor jenis ini juga memiliki kapasitas silinder/cc kecil dan lebih ringan daripada tipe bebek bannya pun memiliki ukuran dimensi yang sangat kecil. Sepeda motor jenis ini juga memiliki ruang kosong di bagian depan yang memungkinkan kaki untuk bisa diletakan di tempat tersebut. Biasanya motor jenis ini sering digunakan oleh kaum wanita karena penggunaannya yang mudah dan cukup efisien. Adapun contoh motor jenis ini adalah honda beat, honda scoppy, yamaha mio, dan lain-lain.

3. Motor trail / of-road
Motor trail adalah tipe motor yang di khususkan untuk menempuh medan berat. misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda motor jenis ini memiliki kontur ban yang kasar dan bergerigi kotak-kotak. Motor jenis ini memiliki tenaga yang cukup besar dan tahan banting.. Contoh motor jenis ini adalah kawasaki KLX 125, dan honda CRF450X.

4. Standar/Naked
Tipe ini adalah tipe sepeda motor berkopling dan memiliki body yang cukup besar dari motor trail namun masalah tinggi hampir sama yaitu tinggi dari tanah. motor ini adalah jenis motor yang tidak digunakan untuk ajang kecepatan tinggi atau balap namun motor ini memiliki desain body dan performa mesin yang lebih kuat dan bertenaga, sepeda motor jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dapat digunakan pada medan yang berbatu/berkerikil namun tidak untuk of-road sepenuhnya. Contoh jenis motor ini adalah honda win. Honda megapro, dan honda verza 150.

5. Cruiser
Cruiser merupakan jenis motor yang memiliki torsi motor besar dan memilki kemampuan menarik beban besar. Biasanya jenis motor ini identik dengan mesin 2 silinder, riding postion yang santai dan bergaya chopper. Contoh sepeda motor jenis ini adalah produk pabrikan Herley Davidson dan Bajaj Avenger.

6. Motor Sport
Motor sport adalah tipe motor yang digunakan untuk balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan motor sport ini relatif membungkuk dan posisi kaki yang sedikit kebelakang, posisi tersebut digunakan pada motor jenis ini agar pengendara tidak terkena tekanan angin dari arah berlawanan dan tidak menghantam tubuhnya dan bisa membuat sepeda motor ini dapat melaju dengan kecepatan yang tinggi. Sepeda motor ini juga memiliki body yang cukup rendah sehingga dekat dengan tanah hal ini disebabkan karena bertujuan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada saat berkecepatan tinggi. Contoh sepeda motor jenis ini adalah honda CBR 120, Kawasaki Ninja dll.

Baca Juga: Tips Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku

Selain jenis-jenis nya sepeda motor juga memiliki merk tersendiri, di indonesiapun hingga saat ini telah banyak tersebar merk sepeda motor antara lain:

Beberapa Merk Sepeda Motor

1. Honda
Honda merupakan pabrik motor dari jepang yang masuk ke indonesia dibawah PT. ASTRA HONDA MOTOR ( AHM ). PT AHM merupakan salah satu pelopor industri sepeda motor di indonesia. Dan Pt. Astra Motor Honda Didirikan pada 11 juni 1971 dengan nama awal Pt. Federal Motor.

2. Yamaha Motor
Yamaha motor merupakan pabrik motor dari jepang yang didirikan tahun 1990 dan masuk ke Indonesia di bawah bendera PT. YIMM ( Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ), fokus untuk motor jenis bebek, matick, sport, dan beberapa tahun terakhir juga membuka sayap CBU dengan moge-mogenya.

3. Suzuki motors
Suzuki motors didirikan pada tahun 1955 suzuki motors merupakan pabrik motor dari jepang dan masuk ke indonesia dibawah bendera Pt, SuzukI Indomobil Motor. Fokus motor jenis underbon, scooter dan sport.

4. Viar
Viar berdiri sejak tahun 2000 PT. Triagle Motorindo sebagai agen tunggal pemegang merk Viar didirikan dengan tujuan untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di indonesia, hal ini dibuktikan dengan komitmen yang selalu memproduksi sepeda motor Viar dengan mutu tinggi dan harganya yang terjangkau untuk masyarakat. Viar fokus terhadap motor jenis bebek, trail, sport, matic dan motor niaga.

5. Kawasaki Motor
Kawasaki motor berdiri pada tahun 1949 yang merupakan pabrikan jepang dan masuk ke indonesia dibawah naungan PT. Kawasaki Motor Indonesia. Merk ini hanya fokus pada jenis motor sport, offroad dan multipurpose

6. KTM
KTM indonesia merupakan produksi dari australia dibawah bendera PT.MOTO KTM INDONESIA. Ktm australia berdiri pada tahun 1934 dan fokus pada motor jenis naked, enduro,supermoto dan superbike.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>